[Tanpa judul]‎ > ‎

Kegiatan Preparation Class for Toefl bagi Dosen dan Pegawai IPDN

diposkan pada tanggal 26 Feb 2011 14.22 oleh admin @ipdn.ac.id   [ diperbarui 4 Mei 2011 18.14 oleh Pengguna tidak dikenal ]










    Unit Lab Komputer dan bahasa IPDN kampus Jatinangor bekerja sama dengan Lembaga Bahasa LIA mengadakan kegiatan Preparation Class for toefl bagi dosen dan pegawai IPDN selama 10 hari yang berlangsung dari tanggal 22 Februari s.d. 17 Maret 2011 dengan jumlah peserta sebanyak 15 orang yang terdiri dari dosen dan pegawai IPDN.  Preparation Class for toefl bagi dosen dan pegawai IPDN dimaksudkan untuk membantu meningkatkan score TOEFL peserta dengan standard acuan lebih dari 450, serta untuk mengukur kompetensi profesional peserta dalam berbahasa Inggris, sebagai salah satu prasyarat kualifikasi dalam memenuhi jaminan kualitas SDM IPDN ke depan, baik regional maupun nasional.


Rangkaian kegiatan diawali dengan Pelaksanaan Placement test for TOEFL Class pada hari Selasa, 22 Februari 2011.
Kegiatan ini dilaksanakan di lab bahasa IPDN kampus Jatinangor yang diikuti oleh para dosen dan pegawai IPDN yang berjumlah 15 orang. Ujian awal ini berlangsung selama 2 jam (dimulai pukul 10.00 s.d. 12.00).  Placement test dirasa perlu untuk dilakukan guna mengetahui seberapa jauh tingkat kemampuan para dosen dan pegawai IPDN dalam menggunakan bahasa Inggris sebelum mengikuti Preparation Class for Toefl. Hal ini dimaksudkan untuk membantu pengajar dalam menyusun bahan ajar dan metode pengajaran yang akan disampaikan kepada para peserta pelatihan.

Tahapan Kegiatan selanjutnya adalah Pelaksanaan Preparation Class for Toefl bagi dosen dan pegawai IPDN tanggal 28 Februari s.d. 15 Maret 2011.
Pelaksanaan Preparation Class for Toefl bagi dosen dan pegawai IPDN berlokasi di lab. bahasa IPDN kampus Jatinangor dengan pengajar dari lembaga bahasa LIA Bandung. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 s.d. 14.00 wib yang diikuti oleh para dosen dan pegawai IPDN dengan jumlah peserta sebanyak 15 orang. Materi yang disampaikan dalam Preparation Class for Toefl bagi dosen dan pegawai IPDN ini dibagi menjadi 3 sesi yaitu Reading Comprehension, Structuring, dan Listening Comprehension.

Adapun dalam sesi Reading comprehension, para peserta diberikan materi bahan bacaan berhasa Inggris yang kemudian dianalisis oleh para peserta dengan dibantu oleh para pengajar dalam menemukan inti permasalahan dalam bacaan tersebut. Dalam Structuring, para peserta diberikan materi pelatihan berupa grammatical mistakes dan cara cepat untuk memperbaiki kesalahan yang terdapat dalam suatu kalimat. Sedangkan dalam Listening Comprehension, para peserta diperdengarkan beberapa short and long conversations yang kemudian dianalisis oleh peserta untuk dicocokan dengan jawaban yang tersedia. Dalam sesi ini, peserta diberikan tips cepat dan efisien dalam menjawab pertanyaan yang diperdengarkan.
 
Pada tahap akhir dilakukan kegiatan Pelaksanaan Final test for TOEFL Class pada hari Kamis, 17 maret 2011
Kegiatan ini dilaksanakan di lab bahasa IPDN kampus Jatinangor pada hari Kamis, tanggal 17 Maret 2011 yang diikuti oleh para dosen dan pegawai IPDN yang berjumlah 15 orang. Ujian akhir ini berlangsung selama 2 jam (dimulai pukul 10.00 s.d. 12.00).  Final test dilakukan guna mengetahui seberapa jauh tingkat keberhasilan para peserta dalam menyerap materi yang disampaikan oleh para pengajar selama kelas berlangsung. Adapun hasil dari Final test ini berupa sertifikat beserta nilai Toefl yang diperoleh oleh para peserta.

 
Sumber : Unit Lab. Bahasa dan Komputer IPDN Kampus jatinangor dan Dokumentasi Humas
Last Update : Admin (2011-03-12, 16:41:04)
Comments