[Tanpa judul]‎ > ‎

KEGIATAN PELATIHAN BAGI PRAJA IPDN TAHUN 2011

diposting pada tanggal 1 Mei 2011 20.34 oleh Pengguna tidak dikenal   [ diperbarui2 Mei 2011 01.08 ]
Uni
t Laboratorium Komputer dan Bahasa yang berada di bawah bagian pelatihan mengadakan pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsinya dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan IPDN seperti pelatihan komputer dan bahasa. Pelatihan komputer dan bahasa bagi praja diselenggarakan berdasarkan kurikulum yang ditetapkan oleh Rektor guna meningkatkan kemampuan praktis para praja selama menempuh pendidikan di IPDN.

Untuk mempersiapkan kader pemerintahan yang cakap dalam menghadapi tuntutan jaman, unit lab membantu memfasilitasi praja untuk meningkatkan keterampilan mereka di bidang teknologi, yaitu berupa praktek operasionalisasi komputer. Para praja diberikan materi dan pelatihan tentang program Mirosoft Office 2007. Pelatihan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan mereka dalam menghadapi situasi dunia kerja setelah lulus dari lembaga IPDN yang tidak akan terlepas dari bidang administrasi. Adapun materi pelatihan yang diberikan kepada praja adalah Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point dan Microsoft Access.

Dalam pelatihan Microsoft Word, praja diperkenalkan dengan toolbar menu yang ada di program Microsoft Word beserta fungsinya  seperti Cara memulai aplikasi Microsoft Word, Customize Quick Access Toolbar, Memperbaiki Teks, menyimpan dokumen, menutup dokumen, membuka dokumen, membuat naskah, mengatur setting halaman, mengatur paper size, pengaturan perataan teks, Memformat Karakter Huruf Pada Naskah, Membuat Block Pada Teks, Mengcopy Kata / Kalimat, Memindahkan Kata / Kalimat, Membatalkan Perintah, Change Case, Find, Replace, and Go To, Mengatur Paragraf dan Spasi,  Bullets and Numbering, Borders and Shading, Columns, Drop Cap, Menyisip Nomor Halaman, Membuat Header dan Footer, Membuat Teks WordArt, Menyisip Gambar, Membuat Table Word serta Fasilitas Pengolahan Tabel. Adapun dalam pelatihan Microsoft Excel, praja dilatih tentang  pengenalan sheet, memformat cells, fungsi perhitungan, format karakter, fungsi logika, membuat grafik, dan fungsi lookup. Sedangkan dalam pelatihan Microsoft Power Point, praja dilatih untuk membuat presentasi dasar, melihat dan menyimpan presentasi, memasukan teks, menambah slides ke dalam presentasi, mengatur slides, memformat teks dalam slides, menambah objek grafik ke dalam presentasi, memodifikasi objek grafik ke dalam presentasi, , bekerja dengan menggunakan tabel, bagan, dan mempersiapkan untuk memunculkan presentasi.

Comments