Ujian Akhir Evaluasi English for Office bagi Pejabat Struktural dan Fungsional Akademik IPDN 2012

diposting pada tanggal 12 Jul 2012 20.02 oleh Pengguna tidak dikenal   [ diperbarui12 Jul 2012 20.03 ]

Jatinangor, 12 Juli 2012 pukul 10.00 WIB bertempat di gedung Laboratorium Pemerintahan Terpadu, para peserta English for Office bagi Pejabat Struktural dan Fungsional Akademik IPDN mengikuti ujian evaluasi akhir guna mengetahui perkembangan kemampuan bahasa Inggris peserta setelah mengikuti pelatihan selama 14 kali pertemuan yang dimulai tanggal 5 April 2012 s.d. 11 Juli 2012. Dalam Ujian ini, peserta diuji baik secara lisan maupun tulisan oleh penguji dari Lembaga bahasa LIA (Lembaga Indonesia-Amerika) mengenai materi yang telah diberikan pada pelatihan English for Office ini. Jumlah peserta yang hadir untuk mengikuti ujian ini sebanyak 7 orang peserta. Adapun peserta yang tidak dapat mengikuti ujian pada hari ini dapat mengikuti ujian susulan yang akan diadakan di lembaga bahasa LIA (Lembaga Indonesia-Amerika) yang berlokasi di jalan R.E. Martadinata Bandung.

Seleksi Bilingual Class Angkatan 20 IPDN Kampus Jatinangor

diposting pada tanggal 25 Jun 2012 21.34 oleh Pengguna tidak dikenal   [ diperbarui12 Jul 2012 20.10 ]


Setelah melakukan seleksi bilingual class bagi Nindya Praja (Angkatan XX) di 4 kampus daerah yang meliputi IPDN kampus Bukittinggi, kampus Rokan Hilir, kampus Makassar, dan Kampus Manado pada tanggal 23 s.d. 27 April 2012, Unit Laboratorium Komputer dan Bahasa IPDN kampus Jatinangor bekerja sama dengan National English Centre (NEC) kembali melakukan seleksi bilingual class bagi Nindya Praja di kampus Jatinangor.
    Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 2 gelombang, yaitu gelombang I pada tanggal 16 Juni 2012 dan gelombang II pada tanggal 23 Juni 2012 bertempat di gedung laboratorium pemerintahan terpadu IPDN kampus Jatinangor.
Kegiatan ini dibuka oleh Rektor IPDN, Prof. Dr. Drs. I Nyoman Sumaryadi, M.Si. yang didampingi oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Wirman Syafri, M.Si. 
    Dalam kesempatan tersebut, Rektor IPDN memberikan arahan serta masukan tentang implementasi program bilingual di IPDN serta pandangannya mengenai pentingnya penerapan program bilingual di IPDN agar dapat bersaing dengan perguruan tinggi yang ada di Indonesia lainnya serta sebagai salah satu langkah IPDN menuju world class university.
    Adapun kegiatan ini diikuti oleh 1.091 orang Nindya Praja yang berada di kampus Jatinangor. Pelaksanaaan seleksi program bilingual class ini berlangsung dari pukul 09.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB

PROGRAM SELEKSI BILINGUAL CLASS BAGI PRAJA IPDN TAHUN 2012 DI KAMPUS BUKITTINGGI, ROKAN HILIR, MAKASSAR DAN MANADO

diposting pada tanggal 21 Mei 2012 04.07 oleh Pengguna tidak dikenal   [ diperbarui12 Jul 2012 20.14 ]

Program Bilingual Class merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh lembaga IPDN untuk meningkatkan sumber daya manusia di IPDN dan sebagai salah satu langkah mempersiapkan lembaga guna menghadapi ASEAN Community yang akan dibentuk pada tahun 2015. Program ini difasilitasi oleh Unit Laboratorium Komputer dan Bahasa IPDN kampus Jatinangor dan bekerja sama dengan National English Centre (NEC), yang akan membantu IPDN dalam mengimplementasikan program bilingual bagi praja IPDN.

         Setelah pelaksanaan program English Camp untuk dosen IPDN pada bulan Februari 2012 dan sebelum implementasi program bilingual class, dilakukan seleksi bagi seluruh nindya praja. Sebagai awal seleksi, telah dilaksanakan di 4 kampus daerah yang meliputi kampus Bukittinggi dan kampus Rokan Hilir pada tanggal 23 s.d. 24 April 2012 serta kampus Makassar dan kampus Manado pada tanggal 26 s.d. 27 April 2012. Pada tahap berikutnya, kegiatan seleksi ini akan dilaksanakan di kampus Jatinangor pada bulan Juni 2012, yang akan diikuti oleh sekitar 1.000 orang nindya praja.

Tujuan dilaksanakannya program ini adalah untuk menyeleksi nindya praja yang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan akan dipersiapkan dalam kegiatan perkuliahan di kelas bilingual, sehingga dapat menjadi kelas percontohan penerapan bilingual di IPDN yang nantinya diharapkan dapat diterapkan bagi seluruh praja IPDN.

Hasil seleksi ini akan mempersiapkan 160 orang nindya praja yang memiliki score terbaik dari beberapa kampus, tempat pelaksanaan seleksi berlangsung yang meliputi kampus Bukittinggi, kampus Rokan Hilir, kampus Makassar, kampus Manado serta kampus Jatinangor (seleksi pada bulan Juni 2012).

Tes yang telah dilaksanakan dalam seleksi bilingual class di kampus daerah ini menggunakan TOEIC  (Test of English as International Communication). Adapun materi soal yang diujikan terdiri dari 200 soal yang meliputi structure, vocabulary, text, dan listening. Selain itu, para praja juga membuat essay berbahasa Inggris mengenai lowongan pekerjaan. Tes essay diujikan, untuk menilai perbendaharaan kosa kata (vocabulary) serta kemampuan praja dalam menyusun kata-kata dalam bahasa Inggris. Hal ini dapat dijadikan sebagai acuan pengajar ketika akan mengimplementasikan bilingual di kelas. 

  Hasil seleksi dideskripsikan dalam lampiran-lampiran meliputi:

(1)  descriptors: penjelasan tentang nilai TOEIC (correlation table TOEIC score descriptors);

leveling yang diperoleh peserta (TOEFL ITP); dan kemampuan peserta pada level-level tersebut,

(2)  leveling: hasil seleksi nindya praja di 4 kampus IPDN meliputi test written (listening and reading), writing, serta score yang diperoleh (TOEIC score descriptions),

   (3) hasil seleksi dari 4 kampus IPDN dengan nama-nama nindya praja; score descriptors; dan

        score IPDN campus (score rata-rata yang diperoleh untuk ke-4 kampus).

 

           Hasil tes menggambarkan bahwa nindya praja yang memperoleh score terbaik ada empat

orang, yaitu:

(1) Muhammad Zulkifli (kampus Makassar), dengan score 895 (profient - listening and  reading: 815;  writing: 80);

(2) Amirul Febrianto (kampus Bukittinggi), dengan score 890 (profient – listening and reading: 800;  writing 90);

(3) Agus Priyadi (kampus Makassar), dengan score 875 (profient – listening and reading: 800;  writing: 75);

(4) Ario Febri Wicaksono (kampus Bukittinggi) dengan score (profient – listening and reading: 775;   writing: 90).

              Sedangkan dari hasil seleksi seluruh nindya praja di 4 kampus daerah, score yang diperoleh masing-masing kampus setelah penghitungan rata-rata adalah: (1) kampus Bukittinggi tertinggi, dengan score: 437, menyusul kemudian (2) kampus Makassar dengan score: 422;  (3) kampus Manado dengan score: 407;  serta (4) kampus Rokanhilir, score: 362.


ENGLISH FOR OFFICE BAGI PEJABAT STRUKTURAL DAN FUNGSIONAL AKADEMIK IPDN

diposting pada tanggal 13 Apr 2012 04.55 oleh Pengguna tidak dikenal   [ diperbarui13 Apr 2012 04.57 ]

Jatinangor, 12 April 2012

Unit Laboratorium Komputer dan Bahasa IPDN Kampus Jatinangor bekerja sama dengan lembaga bahasa LIA (Lembaga Indonesia-Amerika) mengadakan pelatihan English for Office bagi Pejabat Struktural dan Fungsional Akademik IPDN.
        Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Kamis sebanyak 14 kali pertemuan (yang mana setiap pertemuannya berlangsung selama 3 jam), yang dimulai pada tanggal 12 April 2012 dan akan berakhir pada tanggal 19 Juli 2012. Dalam pertemuan awal ini, pengajar memberikan ujian (placement test) kepada peserta untuk mengetahui tingkat pemahaman awal peserta dalam penggunaan bahasa Inggris.
        Pelatihan English for Office ini diikuti oleh para Pejabat Struktural dan Fungsional Akademik IPDN yang berjumlah 15 orang. Selama pelatihan berlangsung, peserta akan dipandu oleh pengajar dari LIA untuk berkomunikasi langsung dengan menggunakan bahasa Inggris yang lazim digunakan di dunia perkantoran. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan pelatihan ini, para peserta dapat meningkatkan wawasan mereka tentang metode penggunaan bahasa Inggris yang lazim digunakan di dunia perkantoran sehingga mereka dapat mempraktekan langsung ketika mengajar di kelas maupun ketika berhadapan dengan tamu asing yang sedang berkunjung ke IPDN.

Kegiatan Seminar dan Workshop Engaging Reading Activities for 21st Century Learners di LBPP LIA Pramuka Auditorium Jakarta

diposting pada tanggal 29 Feb 2012 16.44 oleh Pengguna tidak dikenal   [ diperbarui29 Feb 2012 23.13 ]

Jakarta, 27 Februari 2012

    Guna meningkatkan pengetahuan Sumber Daya Manusia di lingkungan Laboratorium Komputer dan Bahasa di bidang bahasa Inggris, unit Lab. Komputer dan Bahasa mengikutsertakan pegawainya ke dalam Seminar dan Workshop Engaging Reading Activities for 21st Century Learners di LBPP LIA Auditorium Jakarta.
    Pada seminar ini, para peserta dibekali informasi tentang bagaimana meningkatkan minat baca seseorang sehingga mampu mencintai kegiatan membaca. Seminar yang dihadiri oleh para pengajar dari Lembaga Indonesia-Amerika (LIA) maupun dari instansi pendidikan lainnya ini berlangsung selama 8 jam dengan metode interaktif antara narasumber dengan pesertanya sehingga kegiatan seminar ini berlangsung sangat menarik.

    Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, para pegawai lab. mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh dari seminar tersebut dan berbagi ilmu pengetahuannya kepada pegawai lainnya sehingga minat baca para pegawai di IPDN dapat meningkat dan mampu mendorong peningkatan kualitas sumber daya Manusia di IPDN.

PELATIHAN VBA FOR EXCEL 2010

diposting pada tanggal 29 Jan 2012 17.55 oleh Pengguna tidak dikenal   [ diperbarui29 Jan 2012 18.12 ]

Jakarta, 24 s.d. 26 Januari 2012

Dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia di lingkungan IPDN khususnya di Unit Laboratorium Komputer dan Bahasa IPDN, para pegawai lab. diikutsertakan dalam kegiatan pelatihan programming VBA for Excel di PT Iverson Technology, Jakarta.

PT Iverson Technology  merupakan sebuah training center yang bergerak di bidang teknologi informasi dan merupakan Authorized Technical Training untuk  Microsoft yang pertama di Indonesia dan saat ini dianugerahkan oleh Microsoft sebagai The Best CPLS of the year 2006 dan 2007. Perusahan ini juga menyelenggarakan pelatihan-pelatihan program komputer lainnya seperti CISCO, CITRIX, IBM Lotus Notes, Crystal Report dan sebagainya dengan 7 (tujuh) ruangan computer labs dan 1 (satu) ruangan ujian Prometric Testing Center dan Pearson VUE Testing center, selain itu juga Iverson telah berpengalaman menyelenggarakan training-training technical IT sejak tahun 1997.

Pelatihan programming VBA for excel dilaksanakan pada tanggal 24 s.d. 26 Januari 2012 di Jakarta. Adapun materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut meliputi record macro, macro coding editing, dan Advanced Formula.

Dalam record macro, peserta diberikan materi tentang tata cara merekam formula yang ada dalam Microsoft Excel untuk kemudian dikembangkan menjadi sebuah program yang dapat mengulang aktivitas pemograman yang telah dibuat. Sedangkan dalam macro coding editing, peserta diberikan materi tentang tata cara mengedit program yang telah direkam dalam record macro ke dalam bahasa pemograman. Adapun dalam Advanced formula, peserta diberikan materi tentang cara memaksimalkan penggunaan toolbar yang ada di dalam Microsoft Excel guna mempermudah peserta dalam menjalankan program Microsoft Excel 2010. Selain itu peserta juga diberikan trik-trik mudah dan cepat untuk mengoperasionalkan dan menggunakan fungsi formula yang ada di Microsoft Excel 2010.

Rapat Persiapan Penerapan Program Bilingual Class di IPDN

diposting pada tanggal 11 Okt 2011 00.30 oleh Pengguna tidak dikenal   [ diperbarui12 Okt 2011 23.56 ]




















Jatinangor, 11 Oktober 2011.

Pada hari Selasa tanggal 11 Oktober 2011 bertempat di Gedung Graha Wyata Institut Pemerintahan Dalam Negeri, dilaksanakan Rapat persiapan penerapan program bilingual class di IPDN dengan nara sumber Rahmat Hidayat, Dipl.TEFL, SE, MBA, M.MPd.. Program bilingual class ini kerja sama antara IPDN dengan NEC (National English Centre).

Program ini diterapkan dalam rangka menuju world class university, sebagai tahap awal akan dibuka  6 kelas bilingual bagi praja IPDN (sesuai dengan jurusan-jurusan yang ada) pada tahun 2012. Kelas yang menggunakan dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar/instruksional dalam proses perkuliahan ini dimulai pada bulan Januari 2011.

      Rapat persiapan program bilingual di IPDN yang dibuka oleh Wakil Rektor IPDN, Prof. Dr. Sadu Wasistiono, MS., ini menjelaskan bahwa untuk mewujudkan kelas bilingual, dosen IPDN harus sejak dini meningkatkan kemampuannya dalam berbahasa Inggris. Oleh karena, dosen mempunyai peranan yang sangat penting dalam mempersiapkan praja agar kelak dapat bersaing secara global dalam dunia kerja. Competitive advantage para lulusan IPDN antara lain sangat bergantung kepada proses pembelajaran selama pendidikan. “Keuntungan kompetitif ini akan dapat dimiliki oleh praja jika dosen mata kuliah mempunyai pengetahuan dan keterampilan bahasa Inggris yang memadai, baik untuk memahami bahan kuliah, mengajarkannya, dan melakukan evaluasi. Dosen bilingual harus memiliki tingkat keterampilan dua bahasa yang cukup untuk bisa mengajar kelas bilingual,”  lanjutnya.

             Saat ini, IPDN sedang mendesain program bilingual yang meliputi: proses seleksi bagi dosen dan praja, strive (terapi motivasi bagi praja), matrikulasi, dan implementasi program yang bekerja sama dengan National Bilingual Center (NBC). IPDN ke depannya akan mencetak pamong praja muda yang qualified, pemimpin lokal yang berwawasan internasional.

KERJASAMA UNIT LAB KOMPUTER DAN BAHASA IPDN KAMPUS JATINANGOR DENGAN IPDN KAMPUS MAKASSAR

diposting pada tanggal 10 Agt 2011 22.14 oleh Pengguna tidak dikenal

Makassar, 09 Agustus 2011

Untuk meningkatkan kemampuan praja IPDN Kampus Makassar di bidang komputer dan bahasa Inggris, Unit Lab Komputer dan Bahasa IPDN kampus Jatinangor melakukan kerjasama dengan IPDN Kampus Makassar untuk mengadakan pelatihan komputer dengan materi ”Microsoft Office 2010 Overview” dan pelatihan bahasa Inggris dengan materi ”How to chair a meeting/conference” bagi praja IPDN kampus Makassar.

Kegiatan tersebut dilakukan di Aula IPDN Kampus Makassar pada tanggal 09 Agustus 2011 yang mana peserta pelatihan tersebut terdiri dari para praja tingkat I (Muda Praja), tingkat II (Madya Praja), dan tingkat III (Nindya Praja).

Tujuan dari Pelatihan komputer dengan materi Microsoft Office 2010 Overview adalah untuk memberikan pengetahuan tentang perkembangan program Microsoft Office dengan fitur-fitur terbaru serta cara mengaplikasikannya sehingga dapat membantu praja dalam menyusun tugas yang diberikan oleh para dosen di IPDN.

Adapun tujuan pelatihan bahasa Inggris dengan materi ”How to chair a meeting/conference” adalah untuk memberi pengetahuan kepada praja tentang tata cara membuka sebuah rapat atau seminar, sehingga diharapkan nantinya mereka dapat mengetahui tahapan-tahapan yang harus dilakukan ketika akan membuka sebuah rapat/seminar. Selain itu, diharapkan para praja juga mampu menggunakan bahasa Inggris yang tepat ketika membuka sebuah rapat/seminar berskala internasional.  

STUDI BANDING BILINGUAL CLASS DI UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG

diposting pada tanggal 13 Jul 2011 18.52 oleh Pengguna tidak dikenal   [ diperbarui13 Jul 2011 19.16 ]












Malang, 24-26 Juni 2011

Dalam rangka rencana IPDN untuk menerapkan Bilingual Class di lingkungan kampus IPDN pada tahun 2012, unit Lab Komputer dan Bahasa melakukan studi banding ke Universitas Brawijaya di Malang untuk memperoleh informasi tentang hal-hal yang diperlukan untuk melaksanakan bilingual class di kampus tersebut dan tata cara pengelolaan yang dilaksanakan di Universitas Brawijaya agar kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kepala unit dan 6 orang staf lab. komputer dan bahasa pada tanggal 24 s.d. 26 Juni 2011.

Adapun dari kegiatan tersebut, hal-hal yang perlu diperhatikan oleh lembaga ketika akan melaksanakan bilingual Class adalah:
  1. Prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Inggris, strategi dan pendekatannya, serta penggunaan bahasa Inggris dalam proses belajar-mengajar harus telah dikuasai oleh dosen bilingual.
  2. Basic Learning Principles (Prinsip-prinsip Dasar Pembelajaran).
  3. Learning Characteristics (Karakteristik Pembelajaran).
  4. Penggunaan pendekatan yang tepat dan pemilihan bahan ajar yang fungsional memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran bahasa asing.
  5. Daya dukung komponen sivitas akademika dan infrastuktur.

 

TRAINING ENGLISH AS MEDIUM OF INSTRUCTION DI LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA (LAN) JAKARTA

diposting pada tanggal 14 Jun 2011 20.56 oleh Pengguna tidak dikenal   [ diperbarui21 Jun 2011 18.15 ]

Jakarta, 6 s.d. 10 Juni 2011

Dalam meningkatkan kemampuan para pelatih dan pengajar di lingkungan IPDN, unit Lab. Komputer dan Bahasa IPDN menugaskan salah satu stafnya guna mengikuti kegiatan training English as medium of instruction di LAN Jakarta.

Kegiatan yang berlangsung selama 5 hari ini bertujuan agar para peserta dapat menjelaskan prinsip-prinsip dasar pembelajaran berbahasa Inggris, strategi dan pendekatannya, serta menggunakannya dalam proses pembelajaran.

 

Materi yang disampaikan dalam training tersebut, antara lain:

1.    Definisi pembelajaran.

2.    Prinsip-prinsip dasar pembelajaran.

3.    Karakteristik pembelajaran.

4.    Prinsip pembelajaran orang dewasa.

5.    Pedagogy dan Andragogy.

6.    Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran orang dewasa.

7.    Peran para pengajar.

8.    Konsep bahasa Inggris sebagai media pengajaran.

9.    Tahapan pengajaran atau pelatihan.

10.  Langkah awal dari tahapan pelatihan.

11.  Tips dalam memberikan pengajaran yang efektif.

12.  Meringkas dan menyimpulkan sebuah diskusi.

13.  Class Management.

14.  Beragam metode pengajaran.

 

Adapun tujuan spesifik dari kegiatan ini adalah:

  • Menjelaskan definisi pembelajaran.
  • Menggambarkan teori dan dasar-dasar pembelajaran orang dewasa.
  • Mengidentifikasi perbedaan antara andragogy dan pendagogy.
  • Menyebutkan beberapa faktor yang memfasilitasi orang dewasa dalam proses pembelajaran.
  • Memahami peran fasilitator dalam pengajaran orang dewasa dan proses pembelajaran.

1-10 of 20